Penyebab Baju Rusak yang Fatal

Penyebab Baju Rusak yang Fatal

Penyebab Baju Rusak yang FatalPENYEBAB BAJU RUSAK YANG FATAL

Penyebab Baju Rusak – Anda merupakan pengguna mesin cuci atau menggunakan cara manual saat mencuci baju? Jika Anda menggunakan mesin cuci, ketahuilah jika kita tidak merawat mesin cuci dengan baik juga akan berakibat baju kita akan rusak. Dan kejadian ini sangat fatal beresiko terhadap baju kita.

(Baca juga: Faktor Mesin Cuci Rusak)

Penyebab Baju Rusak

Ya, benda yang meringankan pekerjaan kita sehingga pakaian kembali bersih dan kering dengan cepat ini memang seringkali terabaikan meski sering digunakan. Dan ketika si mesin tiba-tiba ‘ngambek’ alias mengalami kerusakan, Anda pun langsung panik bahkan adakalanya yang sampai mempertanyakan kualitas merek elektronik yang dipilih.

Sebelum terlambat hindari beberapa kebiasaan buruk berikut ini supaya mesin cuci Anda tetap awet hingga bertahun-tahun lamanya.

1. Tidak membuka pintu ketika proses pengisian air

Ternyata membiarkan pintu mesin cuci terbuka ketika proses pencucian bisa memberi beberapa manfaat. Seperti misalnya menghindari suhu lembab yang memicu pertumbuhan jamur. Cara ini juga terbukti membuat interior mesin cuci Anda lebih harum dan segar.

2. Tidak pernah membersihkan saringan air (filter)

Pernahkah Anda menyadari ada komponen filter air di dalam interior mesin cuci? Benda tersebut berfungsi untuk menyaring kotoran dan noda sisa proses pencucian. Anda bisa menarik keluar filter dengan mudah dan mencucinya dengan cara menyikat dan membilas dengan air bersih.

Dengan membersihkan saringan air maka mesin cuci bisa bekerja lebih maksimal membersihkan pakaian Anda.

3. Tidak membersihkan mesin cuci dengan air panas

Sisa deterjen yang menempel di interior mesin cuci bisa membuat kerja mesin menjadi berat dan bahkan menumpuk menjadi tempat berkembangnya jamur. Membersihkannya dengan air bersuhu sedang tidak akan maksimal mematikan kuman dan kotoran.

(Simak juga: Solusi Baju Kotor Membandel)

Jadi mulai saat ini biasakan membersihkan mesin cuci dengan air panas setidaknya seminggu sekali. Cara ini bisa mengembalikan kesegaran mesin cuci Anda.

4. Lupa membersihkan kotak deterjen

Di dalam mesin cuci terdapat kotak deterjen atau pelembut pakaian yang bisa dibuka dan ditutup. Apabila wadah ini tidak dibersihkan secara teratur bisa tersumbat dan tak dapat berfungsi dengan baik. Pastikan Anda membersihkannya dengan air hangat agar cepat dan efektif mengusir deterjen yang lengket.

5. Mengisi tabung cuci terlalu penuh

Salah satu kesalahan yang harus dihindari adalah memaksa mesin cuci bekerja berat melebihi kapasitasnya. Selain merusak mesin dalam jangka panjang, pakaian Anda juga tidak bisa dibersihkan secara benar dan maksimal. Sebagai tips, beri ruang kosong setidaknya 25 persen pada tabung cuci agar kerja mesin menjadi lebih ringan.

Artikel terkait :

Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *