Mengenal Bahan Baby Canvas

Mengenal Bahan Baby Canvas

Mengenal Bahan Baby CanvasMENGENAL BAHAN BABY CANVAS

Bahan Baby Canvas – Pernahkah Anda mendengar istilah kain baby canvas? Mungkin bagi Anda yang awam dengan segala jenis bahan pakaian akan mengalami kebingungan bukan? Maka dari itu, yuk kita bahas bersama mengenai baby canvas.

Mengenal Bahan Baby Canvas

Bahan kain baby canvas adalah salah satu jenis kain yang masuk ke dalam keluarga kain canvas atau kanvas. Kain ini sudah cukup populer di masyarakat karena memiliki karakteristik kain yang berbeda dengan jenis lainnya, salah satun karakternya yaitu bahan memiliki serat yang tebal dan sangat kuat.

Pada mulanya, kain ini sering digunakan sebagai media melukis. Namun seiring perkembangan zaman, para desainer pakaian mulai melirik bahan kain ini untuk dijadikan bahan dasar pembuatan jaket, sepatu, tas, bahkan beberapa aksesoris baik wanita maupun pria.

Apabila kita bandingkan dengan keluarga kanvas yang lain, bahan baby canvas tergolong memiliki ketebalan yang lebih tipis. Meski demikian, jika sobat membandingkannya dengan jenis kain pada umumnya, kain baby canvas masih tergolong kain yang cukup tebal, kok.

Dalam pembuatan kanvas, biasanya menggunakan beberapa teknik seperti teknik finishing waterproof, teknik woven rapier, dan sebagainya.

Kanvas yang menggunakan teknik finishing waterproof, biasanya digunakan untuk pembuatan cover truk, layar, cargo, alas, dsb. Sedangkan teknik woven rapier, biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan sepatu, tenda, tas, terpal, dsb.

Beberapa contoh jenis kanvas yang lain yaitu kanvas marsoto, polyester, ripstop, terpal, sueding, blacu, dll.

Karakteristik Kain Baby Canvas

Detail baby canvas
Sumber gambar: tokopedia.com

Seperti halnya bahan crepe dan bahan polyester yang memiliki ciri khas atau karakteristik yang terkadang tidak terdapat pada jenis kain lainnya, begitu juga dengan baby canvas.

Berikut ciri-ciri yang terdapat pada kain baby canvas :

  1. Bahannya tergolong tipis apabila dibandingkan jenis kanvas lainnya.
  2. Bahannya tergolong tebal apabila dibandingkan dengan bahan wolfisballotely, dsb.
  3. Kain tidak mudah lusuh dan kusut.
  4. Bahan kainnya tidak kaku dan cenderung awet.
  5. Memiliki tekstur permukaan kain yang lembut.
  6. Sifat serat bahannya kuat.
  7. Memiliki pori-pori kain yang lebih kecil dari kanvas lainnya.

Kekurangan Kain Baby Canvas

Untuk kekurangan jenis kain ini yaitu sobat harus pintar memilih bahan dengan kualitas unggulan. Karena apabila memilih bahan dengan kualitas rendah, serat kain akan cepat rusak dan warna akan cepat memudar.

Agar sobat mendapatkan bahan dengan kualitas terbaik dan premium, sebaiknya sobat datang ke toko kain terdekat untuk mengecek kualitas bahannya langsung. Apabila sobat membeli secara online, sobat bisa membeli ke toko yang sudah memiliki reputasi tinggi.

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *