Faktor Pakaian Rusak Dikarenakan Apa?

sumber : hot.liputan6.com

FAKTOR PAKAIAN RUSAK DIKARENAKAN APA?

Javas Aroma Chem – Pernahkah Anda mengerti apa penyebab dari baju rusak? Dikarenakan baju yang sudah termakan oleh waktu. Atau terjadi karena beberapa faktor, misal terkena benda tajam, atau yang lain sebagainya. Selain itu, perlu Anda ketahui apa saja faktor pakaian yang lain?

Gantungan baju yang Anda gunakan terlalu besar atau terlalu kecil

Akibatnya, pada bagian bahu baju Anda akan tercetak bentuk hanger sehingga akan terlihat jelek saat Anda kenakan. Pastikan gantungan yang digunakan pas dengan ukuran baju Anda sehingga masalah ini bisa dihindari.

Shoulder bumps yang bikin baju rusak. (Sumber: tall.life)

Anda menggunakan gantungan baju dari bahan kawat atau plastik

Hanger kawat dan plastik memang lebih murah, namun kedua bahan ini bisa membuat pakaian Anda mencetak bekas hanger. Untuk pakaian Anda yang mahal seperti blazer atau dress, lebih baik gunakan hanger kayu atau velvet yang lebih halus.

(Sumber: tallguides)

Anda melipat jaket kulit

Kalau Anda punya jaket kulit, pasti tahu betapa kesalnya jika ada bagian yang terlipat dan kusut. Anda tak bisa menyetrikanya dan membuatnya kembali rapi perlu kesabaran tinggi. Oleh karena itu, aturan pertama soal jaket kulit adalah Anda tak boleh melipatnya. Gantung selalu jaket kulit Anda dengan hanger yang dilapisi cushion sehingga jaket kulit Anda tidak terbentuk oleh ujung hanger yang tajam.

Selalu gantung jaket kulit Anda. (Sumber: pinterest)

Anda tidak menutup ritsleting sebelum mencucinya.

Hal ini kelihatannya tidak penting, tapi bagian tepi ritsleting yang bergerigi bisa merusak pakaian Anda yang lain—misalnya tersangkut atau benangnya tertarik. Jadi selalu tutup pakaian yang memiliki ritsleting, ya!

(Sumber: cleanmachinedrycleaners)

Anda mencuci pakaian dalam dengan mesin cuci

Meski mesin cuci memiliki setting untuk mencuci pakaian berbahan halus, namun tetap saja mencuci pakaian dalam sebaiknya dilakukan dengan tangan. Melakukannya dengan mesin cuci akan merusak bentuk bra Anda dan membuat celana dalam cepat melar. Apalagi untuk bahan yang halus seperti lace yang benangnya mudah lepas.

Cara terbaik mencuci pakaian dalam adalah dengan tangan. (Sumber: sohanews)

Menaruh pakaian dalam plastik laundry

Saat Anda mengambil pakaian dari laundry, biasanya pakaian Anda dimasukkan dalam plastik agar tidak terkena debu. Pakaian ini kemudian langsung Anda gantung di lemari bersama plastik tersebut dengan asumsi agar tetap bersih. Padahal sebetulnya pakaian Anda juga butuh udara segar. Plastik dapat membuatnya menjadi lembap dan akhirnya malah berjamur. Jika Anda khawatir pakaian tersebut menjadi kusut, itu karena Anda menggantungnya terlalu padat dalam lemari. Beri jarak agar pakaian Anda tetap bersih dan bebas kusut.

Hindari menggantung baju dengan plastik seperti ini karena membuat pakaian menjadi lembap. (Sumber: sohanews)

Plus…

Anda tidak menyimpan tas dengan baik dan benar

Sampai saat ini memang masih ada perdebatan apakah sebaiknya menaruh tas kulit Anda dalam kantung dust bag/boks atau tidak, karena dikhawatirkan membuat tas menjadi kering. Namun menaruh tas dalam kantung akan menyelamatkan tas Anda dari debu atau goresan. Cara lain yag salah adalah menggantung tas dengan mengaitkan talinya. Hal ini dapat membuat tali tas melar, sehingga lebih baik taruh di bagian dasar lemari.

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *