Ciri Bahan Jilbab Adem

Ciri Bahan Jilbab Adem

Ciri Bahan Jilbab AdemCIRI BAHAN JILBAB ADEM

Pewangi Laundry Murah – Bagi Anda yang berjilbab atau berhijab, pasti akan nyaman jika kita menggunakan jilbab dengan bahan hijab yang adem bukan? Bahkan ketika di musim panas, bahan jilbab yang adem ini akan menjadi favorite kita. Lantas, seperti apa bahan jilbab yang adem? Berikut adalah ciri-cirinya.

Ciri Hijab Berkualitas Bagus

Hijab yang berkualitas tentu bahannya juga berkualitas dan original bukan kw. Biasanya hijab yang yang berkualitas tentu harganya lebih mahal. Jadi ketika ada yang menawarkan hijab bahan berkualitas namun harganya sangat murah, perlu dipertanyakan itu hijabnya ataupun penjualnya. Supaya kita tidak tertipu saat membeli hijab berkualitas secara offline kita harus tahu ciri-ciri bahan hijab, brand dan outlet penjualannya. Jika beli online maka kita harus beli di situs-situs terpercaya dan brand / merek yang jelas. Elzaqstore.co.id adalah salah satu toko online hijab terpercaya yang menjual hijab branded.

Hijab Ceruti

Ceruti memiliki tekstur permukaan seperti kulit jeruk dan bersifat elastis. Sifat elastis ini karena bahan dasarnya mengandung bahan sutra lembut. Sehingga kain kerudung jenis ini memberikan kesan mewah dan elegan. Hijab dengan bahan ceruti sangat diminati oleh para hijabers yang menginginkan penampilan yang mewah dan elegan. Salah satu brand hijab yang menggunakan bahan ceruti adalah pasmira yang digunakan dalam produk khimarnya.

Kerudung Sutra

Kain kerudung sutra memiliki sifat lembut dan tipis sehingga tergolong cukup mahal jika dibandingkan dengan kain kerudung jenis lain. Kelebihan: sutra memilki sifat yang dingin dan lembut sehingga sangat nyaman untuk digunakan sebagai bahan kerudung. Kerudung berbahan sutra cocok digunakan dalam aktivitas sehari-hari maupun ke pesta. Kekurangan: mudah luntur, mudah kusut dan membutuhkan perawatan khusus supaya dapat tahan lama.

Jilbab Spandek

Spandek adalah kain yang terbuat dari bahan non alami. Kainnya lembut, halus dan lentur. Kain spandek memiliki efek mengkilap, namun ada beberapa kerudung berbahan spandek yang tidak mengkilap. Jilbab yang berbahan spandek cukup mudah dalam proses pencuciannya. Kadang spandek ada unsur sutranya, orang sering menyebutnya spandek sutra. Hijab berbahan spandek harganya relatif lebih mahal dibanding hijab bahan lainnya karena bahannya halus, lembut dan nyaman. Ciri khas kain spandek adalah sifatnya yang lebih elastis. Keuntungan kaos berbahan spandek adalah dapat dipakai dalam berbagai situasi, terlebih untuk orang yang banyak bergerak. Kelebihan: memiliki kemampuan menyerap keringat yang sangat baik, sehingga tetap nyaman untuk digunakan saat cuaca panas. Teksturnya yang sangat elastis membuat hijab lebih mudah dibentuk dan dikreasikan. Kekurangan: mudah melar jika dicuci dengan cara yang tidak benar.

Hijab Rayon

Rayon adalah bahan dari unsur bahan jeans dari bahan non alami. Bahannya lentur, adem dan relatif tebal. Bahan rayon yang sering digunakan untuk hijab adalah rayon super dan gerimis. Hasil akhirnya mirip dari poly ethylene atau teteron cotton. Kelebihan: penampilan terkesan casual, nyaman dan sangat cocok dipakai ketika cuaca panas karena kemampuannya yang baik dalam menyerap keringat. Teksturnya juga mudah untuk diatur dan dikreasikan sesuai dengan keinginan. Kekurangan: mudah kusut, terkadang luntur saat dicuci dan jika digunakan terlalu lama dapat menimbulkan bau kurang sedap karena menyerap keringat.

Hijab Spandek rayon

Spandek rayon merupakan campuran dari serat spandek dan rayon. Rayon sendiri sering disebut dengan linen, yang memiliki tekstur mirip cotton, namun lebih lembut, adem dan menyerap keringat akan tetapi rayon mudah kusut. Dengan perpaduan spandek + rayon maka jadilah kain yang teksturnya lembut, elastis, tidak mengkilat dan adem. Spandek rayon super merupakan spandek rayon yang kualitasnya lebih bagus lagi. Karakteristik kainnya sama saja, hanya sedikit lebih tebal dari spandek rayon biasa.

Bahan Hijab Polyspun

Kain polyspun adalah jenis kain dari serat sintetis (polyester) dengan proses pengerjaan di pintal. Polyspun ini tidak mudah kusut dan susut, serta cepat kering. Bahan ini lebih baik dari pada katun paris karena lebih lembut dan mudah digunakan Pasmira juga menggunakan bahan polyspun ini pada hijab segi empat.

Kerudung Voile atau paris

Jenis kain voile memiliki sifat hampir sama dengan kain hycon, yaitu sama-sama memiliki sifat lembut dan halus, kain kerudung ini sangat cocok digunakan saat siang hari dan penggunaannya harus mengenakan dalaman, seperti ciput atau ninja. Kain jilbab jenis ini terbuat dari bahan kapas, namun ada juga yang menggunakan bahan dasar rayon, sutra maupun polyester. Kelebihan kain voile: bahannya lembut dan halus sehingga sangat nyaman dan cocok digunakan saat siang hari. Sedangkan kekurangan: bahannya tipis dan tidak lentur sehingga sulit untuk dikreasikan.

Jilbab Hyget

Hyget bentuknya tipis dan sedikit kasar. Harganya relatif murah, sehingga banyak digunakan sebagai kaos kampanye atau jilbab kampanye. Jilbab berbahan hyget jarang dipakai untuk acara formal karena bahannya yang tipis dan kadang mengkerut.

Jilbab Hyget Sutra

Berbeda dengan hyget biasa, hyget sutra memiliki kualitas yang jauh lebih baik. Hyget sutra bersifat mengkilap, halus, tebal, adem dan tidak mudah kusut. Bahan hyget sutra cocok digunakan untuk bahan jilbab bolak-balik. Kelebihan: nyaman dipakai disegala cuaca, adem, tebal, tidak mudah kusut dan halus.

Jilbab Poly Ethylene atau PE

Bahan kain poly ethylene merupakan sejenis bahan kaos non alami yang populer digunakan sebagai bahan jilbab. Sifat kain poly ethylene umumnya halus, lembut dan relatif tebal. Berkat keunggulan tersebut, kain poly ethylene banyak digunakan untuk membuat jilbab, khususnya jilbab yang ukurannya relatif besar.

Jilbab Teteron-Cotton atau TC

Teteron-cotton merupakan bahan kaos yang terbuat dari 65% poly ethylene dan 35% cotton. Sifat bahannya kesat dan menyerap panas, namun tidak selembut PE. Seperti halnya PE, TC banyak digunakan untuk membuat jilbab yang ukurannya relatif besar.

Jilbab Kaos

Bahan dasar kain kaos adalah katun atau serat kapas alam. Bahan kaos della yang bersifat jatuh, adem, elastis dan nyaman biasanya dipakai untuk bahan jilbab jumbo karena karakter kainnya yang adem. Bahan kaos terkenal cukup elastis dan mudah menyerap keringat. Agar jilbab berbahan kaos lebih awet, sebaiknya menghindari pengucekan secara berlebihan saat mencuci. Kelebihan: nyaman digunakan sehari-hari dan saat cuaca panas. Bahan ini juga mudah dibentuk menjadi beragam model hijab dan tidak luntur saat dicuci. Kekurangan: Jilbab berbahan kaos mudah melar setelah dicuci berulang kali.

Hijab Jersey

Bahan jersey merupakan kain cotton strech, tidak berbulu, halus dan lebih tebal dari spandek rayon. Jersey bersifat fleksibel, elastis, lembut, dingin dan jatuh. Kelebihan: Hijab jersey memiliki tekstur lembut, jatuh (tidak ngembang) sehingga sangat nyaman dipakai. Hijab jersey sangat cocok digunakan bagi yang memiliki wajah mungil, karena wajahmu jadi terlihat berisi. Kekurangan: kurang cocok dipakai bagi yang memilki wajah besar dan bulat, karena teksturnya akan membuat wajah terlihat lebih berisi.

Kerudung Sifon

Sifon atau chiffon terbuat dari bahan dasar kapas, sutra dan serat sintetis. Jenis kain ini memiliki sifat licin, tipis dan panas ketika diaplikasikan untuk bahan jilbab jika tidak ada kombinasi dengan kain lain. Biasanya kerudung dengan kain jenis sifon dalam pemakaiannya diikuti oleh ciput dari bahan kaos. Walau demikian bahan kain jilbab ini cukup digemari oleh kaum hawa karena sifatnya yang ringan dan nge-flow. Kain sifon memiliki banyak jenis diantaranya sifon polos (biasanya terbuat dari bahan polyster / turunan minyak bumi) dan jenis sifon cerutti (terbuat dari bahan sutra). Kain sifon merupakan kain yang sangat ringan yang bisa terbuat dari katun, sutra ataupun benang sintetis.

Kain sifon dibuat secara eksklusif dari serat sutra. Sejak awal 1950-an, pemakaian kain sifon menjadi lebih luas karena seratnya lebih kuat dan harganya relatif terjangkau dibanding sutra murni. Kain sifon sutra ini sangat perlu perhatian khusus karena mudah sobek. Seiring berjalannya waktu dan teknologi, bahan ini mengalami metamorfosis. Secara umum sifon terdiri dari poly chiffon, silk chiffon, dan blend chiffon. Kerudung jenis chiffon ini sangat mudah dikreasikan menjadi berbagai macam bentuk dan gaya, namun membutuhkan pin, jarum pentul atau peniti untuk membuat kerudung tidak mudah lepas.

Banyak bergo (hijab instan) yang berbahan chiffon. Baik itu chiffon two tone atau chiffon crepe. Walaupun agak panas, bergo sifon dapat dijadikan alternatif untuk acara semi formal. Bila memilih bergo chiffon ini lebih baik sesuaikan dengan bahan busana. Kain sifon sekarang ini banyak ditemui untuk pashmina yang biasanya terdapat dalam bentuk bermotif maupun polos. Kelebihan sifon: kerudung berbahan chiffon akan memberikan kesan elegan bagi yang memakainya, sehingga cocok digunakan untuk menghadiri acara semi-formal dan formal. Adapun kekurangannya: tidak cocok jika digunakan saat cuaca panas dan cepat kusam.

Kerudung Hycon

Bahan hycon atau hicon jika dilihat secara sekilas tidak terlihat berbeda dengan kain sifon. Kain sifon lebih licin dari kain hycon, namun lebih lembut di bandingkan dengan jenis sifon. Dalam pemakainya biasanya kerudung berbahan hycon ditambahkan ciput. Desain kerudung yang terbuat dari dua lapis bahan hycon sering disebut double hycon. Hicon memiliki ciri serat kain lebih rapat dibanding kain paris kw 1, lebih lembut dan halus, tidak licin, bahannya pun jatuh tidak ngembang.

Bahan Jilbab Katun

Kain katun terbuat murni 100 % dari kapas alami. Bahan katun memiliki tesktur yang halus, dingin, nyaman, dan mampu menyerap keringat sehingga nyaman dan cocok digunakan pada acara santai maupun formal. Jilbab berbahan katun mudah perawatannya. Hijab berbahan katun menjadi primadona para wanita Indonesia sebelum munculnya trend hijabers. Semenjak trend hijaber muncul, kerudung bahan katun sedikit mulai ditinggalkan. Jenis hijab berbahan katun ini tipis, sehingga disarankan memakai ciput supaya tidak menerawang.

Kain katun memilki beberapa jenis, diantaranya katun combed dan katun caded. Katun combed serat benangnya lebih halus dan rajutannya lebih rata dari pada katun caded. Hijab berbahan katun memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan: tesktur halus, dingin, nyaman dan mampu menyerap keringat serta mudah dalam perawatan. Kekurangan: sulit dikreasikan.

Kashmir

Bahan jenis kashmir tergolong mewah dengan kualitas prima. Semakin sering dicuci bahan ini justru akan semakin halus. Nggak heran jika harga kerudung bahan kashmir yang asli dapat menguras dompet anda. Kelebihan: tekstur lentur, sehingga membuat hijab pashmina mudah diatur dan dibentuk menjadi beragam model hijab. Kekurangan: bahannya agak tebal sehingga hijab pashmina tidak cocok untuk dipakai saat cuaca panas.

Bahan Polyester

Kerudung berbahan polyester memiliki sifat tidak mudah kusut, serat tebal, tekstur kurang lentur namun cocok digunakan dimananapun. Kelebihan: bahan tidak mudah kusut, dan tidak memerlukan perawatan khusus serta cocok digunakan dimanapun, baik sehari-hari amupun pesta. Kekurangan: tekstur kurang lentur sehingga sulit dikreasikan, kurang baik dalam menyerap keringat sehingga tidak cocok digunakan saat panas.

Bahan Viscose

Kain viscose terbuat dari kayu (Eucalyptus, sejenis pohon pinus). Kain viscose bersifat lembut dan dingin, tidak kaku, bahan jatuh dan mengkilap. Kelenturannya sangat cocok di desain untuk berbagai model busana casual wear, jaket, underwear, pesta, dan lingerie. Pakaian berbahan viscose mudah rusak apabila direndam dengan deterjen lebih dari 1 jam.

Tierack (Tyrek, Tirex, Tyrex)

Bahan ini berasal dari bahan sejenis katun. Di pasaran bahan tie rack dikenal dengan istilah tireks, tyrex atau tyreks. Asal mula nama tersebut adalah nama sebuah brand kerudung Tie-Rack. Bahan ini asal awalnya adalah bahan shawl yang dipopulerkan dari segi empat umama Marroco dengan bahan tie rack.

Rajut

Kain rajut dibuat dari benang yang kemudian dirajut menggunakan mesin rajut. Kualitas kerudung berbahan rajut sangat ditentukan dari benang penyusunnya. Kerudung rajut yang dibuat dari benang rayon lebih bagus dari benang poly ethylene. Terkadang kain rajut dibuat dari benang perak supaya ada kesan berkerlip pada kainnya. Ada pula keruudung rajut berserat wool. Serat wool yang digunakan sangat tipis dan tidak terlalu besar seperti sweater, sehingga mudah untuk dikreasikan. Kain rajut bisa dibuat model kerudung instan ataupun kerudung pashmina.

Twist

Hijab berbahan twist hampir sama dengan hijab berbahan jersey, namun bahan twist lebih halus dan lembut. Karena bahannya yang sangat lembut, bahan ini lebih banyak digunakan untuk hijab-hijab bergo polos dengan kreasi simple.

Silk

Kerudung berbahan silk juga banyak digunakan para muslimah untuk acara pesta. Sayangnya kerudung berbahan silk memiliki kekurangan mudah kusut dan mudah luntur sehingga perawatannya harus hati-hati agar dapat tahan lama.

Lycra

Lycra merupakan bahan jilbab yang sangat lentur, tidak panas sehingga nyaman dipakai. Perawatannya pun terhitung mudah karena hanya dikucek lembut menggunakan tangan sendiri kemudian jemur dibawah terik matahari. Ciri jilbab berbahan lycra adalah bahan ini biasanya cenderung mengkilap.

JAVAS AROMA CHEM – Bahan Kimia Laundry Murah | Pewangi Laundry Murah Kami menyediakan berbagai pewangi laundry dan juga bahan kimia untuk laundry. Kami juga menyediakan macam-macam fixative. Lakukan pemesanan dengan menghubungi kami di Telp/WA : 0813 2934 5664 | Email : aromaparfumlilabo@gmail.com

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *