Tips Menghilangkan Noda Oli Pada Baju

Bagi Anda yang bekerja di bengkel, tentu saja akan berkutat dengan benda-benda kendaraan. Salah satu benda kendaraan adalah oli, sudah dipastikan jika baju Anda akan terkena oli baik sedikit maupun banyak. Oli merupakan cairan yang susah dihilangkan jika mengenai baju. Namun bukan berarti baju yang sudah terkena oli tidak bisa dihilangkan sama sekali, noda oli ini bisa dihilangkan dengan berbagai cara. Berikut adalah tips menghilangkan noda oli pada baju :

1. Minyak tanah

Minyak tanah

Sebagian orang akan mengeluh ketika harus menghilangkan noda di celana jeans. Pasalnya, tekstur jeans yang tebal membuat celana tersebut susah dikucek. Bagaimana cara menghilangkan noda oli di baju berbahan jeans? Bacaterus menyarankan Anda untuk memanfaatkan minyak tanah untuk menghilangkan noda oli di pakaian berbahan jeans.

Rendam bagian celana jeans yang ternoda oli di dalam minyak tanah selama beberapa saat. Setelah itu, oleskan sedikit bensin untuk menghilangkan sisa nodanya. Kemudian, rendam celana jeans di dalam air dan deterjen sebelum mulai mencucinya. Minyak tanah juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda oli pada berbagai jenis kain.

2. Terpentin (Getah Pohon Pinus)

Terpetin (Getah Pohon Pinus)

Tak banyak yang mengetahui bahwa terpentin atau getah pohon pinus bisa dipakai untuk menghilangkan noda-noda yang membandel, seperti noda oli maupun cat. Anda hanya perlu mengoleskan sedikit getah ke bagian pakaian yang ternoda oli dan diamkan selama beberapa saat.

Noda oli yang tampak melekat pada pakaian akan segera memudar dengan sendirinya setelah dioleskan dengan getah pohon pinus. Setelah proses menghilangkan noda oli selesai, segera cuci pakaian Anda dengan deterjen untuk memastikan bahwa noda oli benar-benar hilang.

3. Bedak bayi

Bedak bayi

Tidak semua jenis kain bisa menggunakan segala bahan yang bermanfaat untuk menghilangkan noda oli. Pasalnya, ada beberapa jenis kain yang tergolong tipis dan membutuhkan perawatan khusus, seperti kain sutra atau sifon. Jika Anda mendapati ada noda oli pada pakaian sifon Anda, maka Anda dapat menggunakan bedak bayi untuk menyerap noda oli tersebut.

Selain aromanya harum, bedak bayi juga tidak membuat pakaian menjadi lengket seperti ketika Anda menggunakan minyak tanah. Bila noda oli sudah terserap oleh bedak bayi, segera cuci pakaian Anda dengan deterjen.

4. Tisu kasar untuk menyerap minyak

Tisu kasar untuk menyerap minyak

Pertolongan pertama untuk menghilangkan noda oli pada pakaian adalah dengan menggunakan tisu kasar yang biasanya dipakai untuk menyerap minyak makanan. Setelah pakaian ternoda oli, segera letakkan tisu kasar di atas bagian yang ternoda.

Jangan menggosok noda karena hal tersebut hanya akan memperluas noda pada pakaian. Jika cara menghilangkan noda oli di baju dengan tisu kasar ini kurang efektif, semprotkan pretreat spray, lalu gosok dengan tisu tersebut.

5. Sabun mandi batang

Sabun mandi batang Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju

Percayakah Anda bahwa sabun mandi batang disinyalir lebih ampuh menghilangkan noda oli dibandingkan deterjen? Ya, jika Anda sudah mencuci pakaian yang ternoda oli dengan deterjen, tapi noda tersebut tidak kunjung hilang, maka Anda harus menggunakan sabun mandi batang.

Gosokkan sabun mandi ke pakaian hingga berkali-kali, lalu kucek sebentar pakaian tersebut dan bilas dengan air bersih. Noda oli yang membandel akan hilang dengan sendirinya jika Anda memanfaatkan sabun batang ini.

6. Mentega

Mentega

Meskipun terdengar sedikit aneh, tetapi Anda bisa menggunakan bahan yang satu ini untuk menghilangkan noda oli di baju, lho. Ya, mentega yang biasa Anda pakai untuk mengoles roti tawar ini bisa menghilangkan noda oli yang sangat membandel.

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil sedikit mentega, lalu oleskan di bagian baju yang ternoda oli. Setelah itu, segera cuci baju dengan deterjen sembari dikucek atau digosok pada bagian yang sudah diolesi mentega.

7. Sabun cair pencuci piring

Pernahkah Anda melihat iklan produk sabun cair pencuci piring? Ya, sabun cair pencuci piring memang memiliki kemampuan untuk membersihkan lemak pada peralatan makan dan memasak. Namun, produk tersebut juga dapat dipakai untuk mengangkat noda oli di pakaian yang juga mengandung minyak.

Cairan pencuci piring bekerja dengan menghancurkan lemak yang terdapat pada noda oli. Kemudian, cairan cuci piring ini akan mengikat dan mengangkat lemak pada serat pakaian. Cukup tuangkan cairan pencuci piring di bagian yang ternoda saja. Setelah itu, Anda dapat mencuci pakaian seperti biasa dengan menggunakan deterjen.

8. Baking Soda

Baking Soda

Bahan pembuat kue yang satu ini bisa menjadi salah satu cara menghilangkan noda oli di baju yang cukup ampuh. Ya, baking soda dikenal sebagai bahan yang dapat menghilangkan berbagai noda pada pakaian, termasuk noda oli. Ada dua cara menggunakan baking soda sebagai bahan penghilang noda oli.

Pertama, Anda dapat membuat larutan pasta baking soda dengan mencampur bahan ini dengan air dan sedikit cuka. Kemudian, oleskan pasta baking ke noda oli yang membandel.

Cara kedua bisa digunakan untuk menghilangkan noda oli yang sudah kering, yakni dengan merendam pakaian di dalam air yang sudah dicampur dengan bubuk baking soda. Rendam selama beberapa jam agar baking soda dapat melunturkan noda oli di baju kesayangan Anda.

9. Minyak kayu putih

Saat sedang berdiri di dekat sepeda atau motor, celana atau rok Anda mungkin akan ternoda oli dari rantai kendaraan tersebut. Tak perlu khawatir jika Anda tidak bisa segera mencuci pakaian saat itu juga.

Ambil saja minyak kayu putih, lalu teteskan sedikit pada noda oli yang melekat pada pakaian. Gosok dengan kapas atau tisu sampai nodanya agak memudar. Meskipun ini adalah pertolongan pertama untuk membersihkan noda oli di pakaian, tapi akan lebih baik jika Anda segera mencuci baju tersebut dengan deterjen.

10. Cuci dengan deterjen yang ampuh

Dewasa ini, sudah banyak deterjen yang ampuh untuk menghilangkan berbagai noda. Anda dapat memilih deterjen bubuk maupun cair. Berikut adalah cara menghilangkan noda oli di baju dengan mencuci pakai deterjen:

Setelah Anda mencoba membersihkan noda oli dengan salah satu bahan yang kami sebutkan di atas, segera rendam pakaian di dalam air yang sudah dicampur dengan deterjen bubuk selama 30 – 60 menit. Kucek pakaian sampai nodanya benar-benar hilang. Apabila nodanya masih membandel, Anda bisa mengoleskan air perasan lemon dan cuka untuk mengangkat noda oli tersebut.

Untuk pengguna deterjen cair, Anda bisa langsung menuangkan deterjen ini ke atas noda oli yang menempel pada pakaian. Gosok noda dengan sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Kemudian, kucek seluruh pakaian sampai nodanya benar-benar hilang.

Tidak perlu khawatir dan buru-buru membawa pakaian yang ternoda oli untuk dicuci di laundry. Cobalah tips menghilangkan noda oli di baju ini. Punya rekomendasi bahan atau cara lain yang efektif menghilangkan noda oli? Yuk, berbagi rekomendasi Anda kepada kami dan pembaca lain.

 

JAVAS AROMA CHEM – Bahan Kimia Laundry Murah | Pewangi Laundry Murah Kami menyediakan berbagai pewangi laundry dan juga bahan kimia untuk laundry. Kami juga menyediakan macam-macam fixative. Lakukan pemesanan dengan menghubungi kami di Telp/WA : 0813 2934 5664 | Email : aromaparfumlilabo@gmail.com

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *