Tips Mencuci Bantal

Bantal apakah yang Anda gunakan dirumah? Jenis bantal ada dua macam yaitu bantal busa dan bantal kapuk. Nah, bagi Anda pengguna bantal, pasti seringkali mengalami kesusahan dalam pencucian bantal. Nah berikut ini adalah beberapa tips mencuci bantal.

1. Cek isi bantal kamu

Bantal isi kapas,
Berarti bantal kamu tidak boleh direndam air, karena kalau sampai terendam air atau tersiram air maka kapas akan mengeras dan susah untuk empuk seperti semula.

Bantal isi Dakron,
Berarti bantal kamu aman untuk dicuci beserta isinya atau nggak perlu dibedah.

Tapi sebaiknya cuci dengan mesin cuci front loading atau mesin cuci bukaan depan ya guys.

2. Mencuci dengan mesin cuci front loading

Sebelum bantal kamu masukkan kedalam mesin cuci sebaiknya lakukan spoting atau sikat noda dulu ya guys. Karena tanpa spoting, noda bandel yang menempel di bantal kamu tidak akan hilang.

Setelah spoting selesai, baru masukkan bantal kamu kedalam mesin cuci.

3. Mencuci bantal secara manual,

Proses ini bisa dilakukan dengan dua cara
Pertama, Mencuci dengan mengeluarkan isi bantal.
Cara ini adalah cara yang paling mudah dilakukan. Karena kamu hanya perlu mengeluarkan isinya lalu mencuci sarung bantal seperti biasa.
Setelah proses mencuci selesai, masukkan kembali isinya dan jahit kembali dengan rapi.
Proses ini baik dilakukan untuk bantal berisi kapuk dan bantal berwarna putih.
Karena dengan mengeluarkan isi bantal maka proses pembilasan deterjen akan bisa dilakukan secara sempurna sehingga resiko terjadinya yellowing atau noda kekuningan pada permukaan bantal bisa dihindari.
Kedua, Mencuci bantal tanpa mengeluarkan isi bantal.
Teknik pencuciannya terdiri dari beberapa tahap, yaitu

Proses penyabunan,
Siapkan wadah untuk mencampur air dan deterjen. Spons, kanebo, sikat dan kain kering juga diperlukan untuk proses pembilasan. Tahap pertama masukkan spons kedalam air bercampur sabun.

Namun setelah itu peras spons untuk mengeluarkan airnya. Kita hanya memerlukan sabunnya saja untuk menghapus noda. Selain itu, bantal yang tersiram air sabun akan membuat proses pembilasan menjadi tidak sempurna. Setelah dilap dengan spons yang mengandung sabun, sikat noda-noda yang menempel di permukaan bantal.

Proses Pembilasan
Jika seluruh permukaan bantal sudah disikat, maka lakukan pembilasan dengan menggunakan kanebo dan kain kering. Siapkan ember berisi air untuk membilas. Caranya adalah mengelap permukaan dengan memakai kanebo yang lembab. selanjutnya peras kanebo untuk mengeluarkan air sabun yang menempel. Lakukan kembali proses mengelap permukaan bantal dengan menggunakan air bersih. Jika air sudah penuh busa, maka ganti dengan air yang baru supaya sabun yang telah diangkat tidak kembali menempel pada bantal.

Proses pengeringan
Tekan permukaan bantal dengan kanebo kering untuk menyerap air yang tertinggal di permukaan bantal. Setelah sebagian besar air terangkat, kita bisa sempurnakan dengan menggunakan kain kering untuk menyempurnakan proses pemerasan secara manual.

Penjemuran
Setelah dikeringkan, segera jemur bantal dibawah sinar matahari agar bantal cepat kering. Karena proses pengeringan yang lama bisa mengakibatkan bantal ditumbuhi jamur dan bau apek.

JAVAS AROMA CHEM – Bahan Kimia Laundry Murah | Pewangi Laundry Murah Kami menyediakan berbagai pewangi laundry dan juga bahan kimia untuk laundry. Kami juga menyediakan macam-macam fixative. Lakukan pemesanan dengan menghubungi kami di Telp/WA : 0813 2934 5664 | Email : aromaparfumlilabo@gmail.com

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *