Sepatu Bau Tidak Sedap?

Sepatu yang sering dipakai maka akan terkena keringat yang dikeluarkan dibagian kaki, nah otomatis sepatu akan berbau tidak sedap. Atau mungkin karena faktor lain, sepatu jarang dicuci sehingga bakteri dari keringat menjamur dan mengluarkan bau tidak sedap. Pernahkah kalian mengalaminya? Berikut ada beberapa tips menghilangkan bau pada sepatu. Selamat membaca 🙂

Cara menghilangkan bau tak sedap pada sepatu, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Cara yang pertama, kamu bisa memanfaatkan kopi. Pasti baru denger kan kenapa harus pake kopi. Kopi yang biasa kita minum itu? Iya kopi yang itu. Caranya gimana? Kamu tinggal ngebungkus kopi dengan tissue. Gak usah terlalu banyak juga, ambil aja kopi secukupnya. Bungkusan kopi tersebut masukkan ke dalam sepatu dan diamkan sampe baunya hilang. Cukup mudah bukan?
  2. Kalo habis dipake, sebaiknya kamu menyimpan sepatumu di tempat yang bersuhu dingin. Pertama-tama bungkus dulu sepatu serapat mungkin. Lalu, taruh di tempat yang dingin tadi. Dan diamkan semalaman. Hal ini dilakukan untuk menyerap bau yang timbul pada sepatu yang baru saja dipakai.
  3. Sebaiknya, kamu tidak memakai sepatu saat kakimu sedang dalam keadaan lembab atau basah. Jadi, pastikan dulu kakimu dalam keadaan kering pada saat akan memakai sepatu. Karena kalo kaki sedang dalam keadaan lembab atau basah, biasanya akan semakin memudahkan bakteri berkembang dengan begitu cepat. Dan bakteri yang berkembang itulah yang bikin sepatu kamu memiliki bau tak sedap.
  4. Terus, kamu juga bisa menggunakan baking soda untuk ngilangin bau tak sedap pada sepatu. Caranya hampir sama dengan cara kopi tadi. Masukkan baking soda ke dalam sepatu, lalu diamkan semalaman. Dijamin bau tersebut hilang ketika keesokan paginya sepatu tersebut akan kamu pakai.
  5. Kaos kaki juga ternyata bepengaruh besar loh pada bau tak sedap pada sepatu. Kalo kaos kakimu bau otomatis kaki dan sepatumu juga ikut berbau. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mencuci kaos kaki dengan produk yang mengandung bahan desinfektan. Bahan tersebut mampu menghilangkan bau pada kaos kaki yang kamu pakai. Pastikan juga kamu memakai kaos kaki yang bersih setiap harinya.
  6. Pernah nggak kamu kehujanan saat pulang dari beraktivitas sehingga sepatumu basah. Nah, kalo sepatumu kehujanan atau kena air, sepatu tersebut wajib dijemur di tempat yang terbuka atau di daerah yang ada panas mataharinya. Dan biarkan sepatu tersebut dalam keadaan terbuka. Soalnya kalo sepatumu basah, bau tak sedap tersebut bisa langsung muncul dan bikin kakimu ikut bau. Kalo kaki kita bau, malah bikin kita gak PD donk.
  7. Selain memakai kopi dan baking soda, kamu juga bisa menghilangkan bau tak sedap tersebut dengan alkohol. Masukkan sedikit alkohol ke dalam sepatu dan seperti biasa diamkan semalaman sampe baunya hilang.
  8. Ada lagi cara yang lebih mudah digunakan. Setiap habis dipakai, buka tali sepatu dan buka sepatu lalu jemur di tempat yang terbuka. Angin akan menghilangkan bau tak sedap pada sepatumu dan menghilangkan bau keringat yang muncul dari kaki. Selain itu, kalo sepatumu ditaruh di tempat terbuka seperti itu sepatu akan terasa nyaman saat dipakai kembali.
  9. Kini sudah banyak dijual pewangi sepatu yang disemprotkan ke dalam sepatu. Kamu bisa menyemprotkan pewangi sepatu tersebut ke dalam sepatu. Tapi jangan lupa untuk membiarkan sepatu dalam keadaan terbuka sehingga bau sepatu juga akan terbawa angin. Jadi kalo sudah disemprot memakai foot spray jangan langsung dipake ya. Biarkan dulu angin yang membawa bau sepatu pergi.
  10.  Sebaiknya kamu pilih sepatu yang terdapat sol di dalamnya. Sol ini bisa dibuka dan dikeluarkan dari dalam sepatu. Soalnya kalo pake sepatu yang ada solnya itu, sepatu akan lebih mudah dibersihkan. Solnya pun bisa dipakai kembali.
  11.  Ada yang sering kamu lupakan. Yaitu mencuci sepatu. Mencuci sepatu juga wajib dilakukan loh. Jangan nunggu sampe sepatu kotor ya. Hehehe. Sepatu wajib dicuci minimal seminggu sekali aja. kalo sepatunya bersih kan kita makenya juga PD. Dan tentu saja nyaman dan bebas bau.
  12. Menjempur atau mengangin-anginkan sepatu memang akan menghilangkan bau tak sedap pada sepatu tersebut. Tapi ingat jangan menjemur di bawah sinar matahari langsung ya. Kamu bisa menjemurnya di tempat terbuka atau di tempat yang ada sinar mataharinya, tapi jangan di bawah sinar matahari langsung. Karena sinar matahari bisa membuat sepatu cepat rusak atau warnanya cepat pudar.
  13.  Selain kaki harus dalam keadaan kering saat akan memakai sepatu, pastikan juga kakimu bersih dan wangi. Kamu bisa memakai pelembab khusus kaki, hal ini akan membuat kakimu bebas dari keringat dan lembab saat memakai sepatu. Kalo kaki nggak keringetan dan gak lembab otomatis donk sepatumu juga bebas dari bau.

Semoga bermanfaat 🙂

JAVAS AROMA CHEM – Bahan Kimia Laundry Murah | Pewangi Laundry Murah Kami menyediakan berbagai pewangi laundry dan juga bahan kimia untuk laundry. Kami juga menyediakan macam-macam fixative. Lakukan pemesanan dengan menghubungi kami di Telp/WA : 0813 2934 5664 | Email : aromaparfumlilabo@gmail.com

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *