Parfum Boleh Untuk Solat?

Untuk kaum muslim,hukumnya haram dalam pengonsumsian alkohol. Lantas sebagian besar parfum mengandung alkohol. Apakah hukumnya dalam islam, masih bolehkah untuk solat?

Pada dasarnya, menyemprotkan parfum ke badan adalah sunnah menggunakan parfum saat solat adalah boleh Kandungan alkohol yg ada diparfum adalah etanol (zat yang suci) bukan khamr.
Isu halal dan tidaknya sesuatu memang acap kali menjadi polemik yang tidak berkesudahan. Tapi sekali lagi ini jangan dijadikan halangan ya namun jadikan tantangan untuk mencari solusi terbaiknya :-).

Namun Alcohol yang dipakai di produk Fragrance pada umumnya adalah alcohol denat (kalao anda pegang bungkus parfumenya maka akan ada di bagian inggridien) Apa itu alkohol denat? alkohol denat adalah alkohol yang yang ditujukan bukan untuk dipakai untuk di konsumsi, ini artinya bahan alkohol dibuat tidak dengan proses yang sama dengan membuat alkohol untuk makanan, kemudian alkohol ini dicampur dengan bahan2 tertentu yang tujuannya agar tidak diminum oleh manusia. Alcohol industri bukan untuk makanan (sebagai contoh pelarut, bahan bakar mobil, dll) biasanya di sintesis dengan skala besar shingga harganya murah, sebab harganya murah ini maka alkohol untuk keperluan nonkumsumsi ditambahkan zat2 lain dan disebut sebagai alkohol denat atau alkohol terdenaturasi.

Lalu apa itu alkohol, nah disinilah biasanya letak salah kaprahnya mengenai haram tidaknya sesuatu. Alkohol adalah senyawa kimia dengan rumus (CnH2n+1)-OH, nah jenis alkohol yang paling terkenal adalah spiritus (metanol) dan etil alkohol atau biasa disebut dengan kata ‘alkohol’ saja. Alkohol ada di alam, dan secara alamiah juga terdapat dalam tubuh sebagai salah satu hasil metabolisme (contoh metanol dihasilkan tubuh sebagai proses sampingan metabolisme aspartam-salah satu jenis asam amino) dan alkohol juga ada secara alami dalam berbagai macam buah-buahan.

Nah yang menjadi polemik haram tidaknya parfume biasanya bermula dari diharamkannya ‘Khamr’ (minuman keras atau minuman beralkohol) minuman keras haram sebab memabukkan. Apa yang membuat khamr bisa memabukkan?  salah satunya adalah karena mengandung alkohol atau etil alkohol itu. Tapi perlu diingat bahwa alkohol adalah salah satu penyusun dalam minuman keras yang memabukkan tapi ada banyak bahan lain yang memabukan dalam minuman keras.

Lalu ini artinya apa? untuk menentukan haram tidaknya ‘alkohol’ maka kita tidak bisa memandang begitu saja ttg alkoholnya. Saya contohkan ya, air memiliki rumus H2O dan jika terdapat air murni yang Anda milikii skr apakah air ini halal? Yep jelas halal tentunya. Tapi jika air ini bercampur dengan minuman keras, atau (maaf) bercampur dengan urine , lalu apakah air yang saya maksud disinii hahal? tentu tidak kan? pasti anda menjawab air yang bercampur dengan minuman keras atau uirne ini adalah haram. Bener kan?

Jadi alkohol sebagai zat murni hukumnya tidak haram sebagai mana air murni begitu juga sebagai pelarut. Intinya, ada beberapa point yang bisa kita simpulkan:1.Hukum asal etanol jika ia berdiri sendiri dan tidak bercampur dengan zat lain adalah halal.2.Etanol bisa berubah statusnya jadi haram jika ia menyatu dengan minuman yang haram seperti miras.3. Etanol ketika berada dalam miras, yang dihukumi adalah campuran mirasnya dan bukan etanolnya lagi.

Jika melihat etanol (alkohol) yang ada dalam parfum, maka kita dapat katakan bahwa yang jadi solvent (pelarut) dalam parfum tersebut adalah etanol yang suci, lantas mengapa mesti dipermasalahkan? Karena itu ingat sekali lagi, campuran dalam parfum di sini bukanlah khamr, namun etanol yang statusnya suci. Semoga Allah beri kepahaman.

JAVAS AROMA CHEM – Bahan Kimia Laundry Murah | Pewangi Laundry Murah Kami menyediakan berbagai pewangi laundry dan juga bahan kimia untuk laundry. Kami juga menyediakan macam-macam fixative. Lakukan pemesanan dengan menghubungi kami di Telp/WA : 0813 2934 5664 | Email : aromaparfumlilabo@gmail.com

Tag: , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *