Merawat Mesin Cuci

Agar mesin cuci tetap awet dan bersih serta maksimal masa pakai mesin, mesin cuci perlu dirawat dengan rutin dan tepat.

Perawatan harian bisa dikerjakan sendiri tanpa menggunakan jasa teknisi/ahli. Beberapa hal yang dianjurkan untuk merawat meisn cuci anda agar bersih dan tetap awet sebagai berikut:

Membersihkan Tabung Mesin Cuci

Tampilan tabung yang bersih kadang menipu, kotoran dan bakteri biasanya bersembumyi pada celah-celah tabung. Cara terbaik untuk membersihkan mesin cuci dengan membiarkan mesin cuci bekerja tanpa ada pakaian didalamnya/lebih dikenal dengan cuci tabung.

Tahapan membersikan tabung pada mesin cuci sebagai berikut:

#Atur mesin cuci pada setelan normal menggunakan air panas, tuangkan 2 gelas cuka kedalam tabung melalui tempat deterjan, biarkan mesin cuci melakukan proses pencucian seperti biasa sampai selesai. Proses ini akan merontokan sisa-sisa kotoran, deterjen yang menempel pada tabung mesin cuci.

#Nyalakan kembali mesin cuci untuk melakukan proses pencucian biasa dengan air panas tapi tanpa tambahan cuka. Proses ini untuk membilas sisa kotoran, sabun dan mineral agar terbuang secara sempurna.

Membersihkan Filter Air Masuk

Tutup kran air masuk lalu lepaskan selang pemasukan air berlawanan dengan jarum jam, bersihkan filter air bagian belakang dengan siikat lembut lalu bilas dengan air bersih. Setelah bersih pasang kembali selang pada posisi semula.

Membersihkan Pump Filter

Pastikan mesin cuci dalam keadaan kosong tidak terdapat air dalam tabung, serta cabut arus listrik.

Gunakan wadah dan kain untuk menampung dan membersihkan sisa air pembuangan. Bilas filter dibawah air mengalir pastikan kotoran hilang, setelah bersih pasang kembali.

Membersihkan Laci Tempat Deterjen

Untuk membersihkan laci tempat deterjen dari sisa-sisa deterjen cukup mudah, keluarkan laci dengan menekan kebawah pengaitnya lalu tarik. Bersihkan laci deterjen dibawah air mengalir dengan sikat lembut lalu bersihkan dengan lap kering

Membersihkan Kabinet, Karet Pintu, dan Pintu Mesin Cuci

Kabinet, Karet Pintu dan Pintu Mesin Cuci dapat dibersihkan dengan kain lembut dan bisa juga menggunakan kanebo. Untuk mencegah bau tak sedap pada mesin cuci, biarkan pintu sedikit terbuka agar ada sirkulasi udara didalam tabung. Cara ini juga mencegah pertumbuhan bakteri di dalam tabung.

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *