Lakukan Ini Jika Terjadi Keracunan Pewangi Pakaian

Pada cairan pewangi atau detergen terdapat senyawa quaternary ammonium chloride yang merupakan bahan kimia yang banyak digunakan pada produk detergen dan bersifat bakteriostatik. Mekanisme toksisitas dari bahan tersebut yaitu menyebabkan iritasi pada jaringan karena sifatnya yang mengendapkan dan mendenaturasi protein serta bersifat keratolitik dan korosif.

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan jika terjadi keracunan quaternary ammonium chloride adalah:
Bila kontak dengan mata
lepaskan lensakontak. Bilas segera dengan air atau larutan garam fisiologis selama kurang lebih 15 menit dengan sesekali membuka kelopak mata atas dan bawah sampai dipastikan tidak ada lagi bahan kimia yang tertinggal. Anestesitopikal mungkin diperlukan pada beberapa pasien, terutama anak-anak.
Bila kontak dengan kulit
lepaskan pakaian atau perhiasan yang terkontaminasi oleh bahan. Segera basuh daerah yang terkontaminasi dengan air hingga kontaminan hilang.
Bila terhirup: 
Pindahkan pasien dari tempat paparan. Jika gejala keracunan seperti napas pendek terjadi, berikan oksigen jika diperlukan.
Bila tertelan
  • Berikan air minum atau susu dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, Jangan dirangsang muntah karena bahan ini bersifat korosif.
  • Pemberian arang aktif tidak efektif karena tidak mampu mengikat senyawa tersebut dalam saluran pencernaan.
  • Jika terjadi diare dan muntah yang hebat segera dapatkan pertolongan medis/bawa ke dokter.

Tag: , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *