Kesalahan Saat Mencuci Yang Tidak Disadari

Mencuci baju adalah hal yang sudah lumrah. Kegiatan mencuci baju memang terlihat sepele. Kucek-kucek dengan detergen, bilas, peras, lalu dijemur. Tapu sudahkah kalian mencuci dengan benar? Ketahuilah mencuci tidak boleh asal-asalan karena akan menyebabkan kerusakan pada pakaian. Nah, berikut ini adalah kesalahan fatal yang terjadi saat mencuci pakaian. Manakah yang pernah kalian lakukan ?

Ini beberapa kesalahan yang sering terjadi saat mencuci pakaian.

  1. Menggosok noda dengan keras

Alih-alih menghilangkan noda, menggosok baju kuat-kuat malah membuat noda membandel dan merusak kain. Oleh sebab itu, gosoklah secara lembut dan metodis.

Bersihkan noda sesegera mungkin. Semakin lama Anda menunda mencuci, semakin sulit menghilangkan noda tersebut. Bubuhkan detergen pada luar kain untuk menjaga serat kain.

  1. Terlalu banyak detergen

Busa berlebih dapat menahan kotoran tertarik kembali pada pakaian dan terjebak pada daerah-daerah yang tidak terbilas bersih seperti di bawah kerah. Solusinya, gunakan hanya setengah dari jumlah deterjen yang biasa Anda gunakan, kemudian secara bertahap tingkatkan jumlahnya jika pakaian tidak bersih seperti yang Anda inginkan.

Pengecualian, jika memiliki air keras, Anda mungkin benar-benar membutuhkan lebih banyak sabun dari yang Anda biasa gunakan. Periksa rekomendasi untuk air keras pada botol deterjen.

  1. Mengisi mesin cuci dengan cara yang salah

Saat mencuci pakaian dengan mesin cuci bukaan atas, Anda mungkin terbiasa mengisi air terlebih dahulu, kemudian sabun, baru pakaian. Cara ini sangatlah salah. Cara tersebut memang dimaksudkan untuk mencegah residu pada kain dan mesin.

Meski begitu, deterjen modern bebas fosfat dan tidak berbahaya bagi pakaian. Selama Anda tidak menggunakan pemutih, jangan tambahkan pakaian setelah air. Sebaliknya, masukkan pakaian terlebih dahulu, kemudian air, dan terakhir deterjen.

  1. Mencuci pakaian berlabel “Dry-clean”

Sebenarnya, sebagian besar pakaian yang dilabeli “dry-clean” sebenarnya dapat dicuci dengan tangan dan dikeringkan. Ini termasuk juga pakaian berserat alami, sepeti linen dan sutera. Tes pertama yang bisa dilakukan adalah tes warna, yaitu dengan membasahi kapas dengan deterjen ringan dan oleskan pada jahitan tersembunyi untuk melihat apakah warnanya akan luntur.

Jika tidak, Anda bisa melanjutkan mencuci pakaian dalam air sabun dengan menggosoknya sekali atau dua kali, lalu bilas. Segera gulung dengan handuk untuk mengekstrak kembali kelembabannya.

Meski begitu, Anda tetap harus melakukan “dry-clean” pada beberapa jenis pakaian tertentu misalnya, kulit, suede, sutera, pakaian dengan banyak ornamen, dan potongan-potongan terstruktur.

  1. Tidak menutup resleting

Gigi logam dapat merobek pakaian halus atau pakaian dengan tenun yang sedang dicuci berbarengan.

  1. Mencuci pakaian yang terkancing

Ketika dicuci, kancing pakaian akan mengalami tekanan dan memungkinkan kancing terlepas. Sempatkan untuk melepas kancing sebelum meletakkan pakaian di dalam mesin cuci.

  1. Menggunakan pemutih secara berlebihan

Pikirlah dua kali sebelum Anda menggunakan pemutih. Anda mungkin tidak terlalu membutuhkannya saat membersihkan noda-noda seperti darah, keringat atau air mata.

Pilihan terbaiknya untuk menghindari pemakaian pemutih adalah campur kaus kaki yang bernoda atau celana di dalam panci besar dengan irisan lemon. Didihkan selama beberapa menit.

  1. Tidak mengatur posisi mesin cuci

Jika mesin cuci Anda diletakkan langsung di atas lantai, getaran dari mesin cuci bisa merusak lantai Anda. Tempatkan bantalan di bawah kaki mesin cuci Anda untuk mengurangi kerusakan tersebut.

  1. Mengabaikan kerutan pakaian setelah dicuci

Mesin cuci modern saat ini seringkali memungkinkan pakaian tidak perlu dijemur untuk dikeringkan. Meski begitu, untuk beberapa jenis pakaian yang berkerut, harus dibiarkan beberapa saat atau mereka akan sulit licin kembali. Sebaiknya, kebas-kebas pakaian setelah mencuci agar kerutan tidak semakin dalam.

Bagaimana? Adakah salah satu yang pernah kalian lakukan? Yuk ubah cara mencuci kita, hindari kesalahan saat mencuci yang tidak kita sadari.

Semoga bermanfaat 🙂

JAVAS AROMA CHEM – Bahan Kimia Laundry Murah | Pewangi Laundry Murah Kami menyediakan berbagai pewangi laundry dan juga bahan kimia untuk laundry. Kami juga menyediakan macam-macam fixative. Lakukan pemesanan dengan menghubungi kami di Telp/WA : 0813 2934 5664 | Email : aromaparfumlilabo@gmail.com

Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *