Jenis Pestisida Untuk Tanaman

Jenis Pestisida Untuk Tanaman

Jenis Pestisida Untuk Tanaman – Budidaya tanaman merupakan suatu usaha yang dapat dijalankan kapanpun dan oleh siapapun. Menanam sebuah tanaman berupa padi, sayuran, maupun pepohonan memerlukan perawatan yang cukup untuk menghasilkan hasil panen yang berkualitas dan bagus. Keberhasilan di dalam setiap budidaya tanaman, khususnya tanaman padi  dipengaruhi oleh  beberapa hal diantaranya adanya serangan hama penyakit, sehingga setiap saat perlu dilakukan   pengamatan tanaman padi secara rutin dengan tujuan agar  sedini mungkin untuk mengetahui  adanya serangan hama penyakit, apabila tidak segera di kendalikan bisa mengakibatkan kerugian bagi petani. Untuk menunjang keberhasilan di dalam pengendalian tentunya harus memperhatikan jenis – jenis pestisida yang akan di gunakan  agar   sesuai tujuan dan manfaatnya. Kebanyakan petani saat ini  di dalam mengendalikannya hama penyakit  langsung dengan menggunakan pestisida kimia sebab dianggapnya pestisida kimia mempunyai daya bunuh yang tinggi, penggunaanya mudah dan hasilnya cepat bisa diketahui. Namun apabila aplikasinya kurang bijaksana dapat membawa dampak pada pengguna itu sendiri, hama saasaran maupun lingkungan. Alangkah baiknya sebelum menggunakan pestisida kimia sebaiknya untuk mengendalikan hama penyakit bisa  dengan menggunakan pestisida nabati atau dengan agens hayati yang lebih aman dan ramah lingkungan.Nama -nama  merek pestisida yang beredar di pasaran  biasanya terdaftar di Komisi Pestisida.yang jumlahnya semakin tahun selalu bertambah. Istilah pestisida merupakan terjemahan dari pesticide ( Inggris ) yang dari bahasa latin pestis dan caedo yaitu racun untuk mengendalikan jasad pengganggu  pada tanaman yang  disebut organisme pengganggu tanaman  ( OPT ).

Beberapa jenis pestisida yang  saat ini yang banyak di pasaran diantaranya sebagai berikut

  • Insektisida adalah  bahan yang mengandung senyawa kimia beracun yang bisa mematikan semua jenis serangga. Semisal serangga tanaman padi adalah walang sangit, wereng, orong orong,,hama putih palsu, sundep dll . Contoh insektisida seperti Regent, virtako, spontan, Actara dll.
  • Herbisida adalah bahan senyawa beracun yang dapat  untuk mengendalikan tumbuhan penggangu yang disebut gulma.Semisal  gulma ditanaman padi yaitu semanggi,rumput jejagoan,wewehan, rumput grinting,rumput teki dan lain lain,Kalau herbisida yang disemprotkan ke tanaman padi bisa mengunakan herbisida selektif seperti Ally, WIN 10 WP,Metsulindo, Logran dll
  • Bakterisida senyawa ini  mengandung bahan aktif yang bisa mengendalikan bakteri.Semisal bakteri yang menyerang tanaman padi yaitu penyakit xanthomonas oryzae.Contoh bakterisida seperti  Agrept, Agrimicin dll.
  • Fungisida adalah bahan yang mengandung senyawa kimia beracun dan bisa digunakan untuk  membrantas dan mencegah fungi / cendawan.Semisal jamur yang menyerang tanaman padi sepeti penyakit blas atau potong leher, penyakit Ustilago,busuk pangkal batang dll.Contoh fungisida seperti Fujiwan, Filia, Antracol.Topsin .dll
  • Akarisida adalah bahan yang mengandung senyawa beracun yang digunakan  untuk mengendalikan hama  hama tungau,laba laba.
  • Rodentisida adalah bahan yang mengandung senyawa kimia beracun yang digunakan untuk  mematikan berbagai jenis binatang pengerat, misalnya tikus.
  • Moluskisida adalah pestisida untuk mengendalikan moluska, contoh hamanya  seperti keong mas, bekicot, dll
  • Nematisida adalah pestisida untuk mengendalikan nematoda  bentuknya seperti cacing kecil yang mengisap akar tanaman.

JAVAS AROMA CHEM – Bahan Kimia Laundry Murah | Pewangi Laundry Murah Kami menyediakan berbagai pewangi laundry dan juga bahan kimia untuk laundry. Kami juga menyediakan macam-macam fixative. Lakukan pemesanan dengan menghubungi kami di Telp/WA : 0813 2934 5664 | Email : aromaparfumlilabo@gmail.com

Tag: , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *