Alasan Mengapa Kita Menyukai Satu Aroma Parfum

Dikutip dari news.health.com, Kerri Nau selaku Aromatherapy Associates Account Executive & Trainer mengatakan bahwa selain berdasarkan selera pribadi masing-masing individu, menyukai wangi tertentu sebenarnya berhubungan erat dengan apa yang kita ‘butuhkan’. Menghirup aroma tertentu bisa menjadi terapi yang merangsang emosional dan ingatan seseorang.

Secara alami kita akan tertarik pada aroma tertentu yang membuat kita merasakan hal tertentu. Kerri Nau menjelaskan, ketika kamu menghirup sebuah aroma, wangi tersebut bukan hanya masuk ke rongga hidung, tapi juga dikirim ke Sistem Limbik otak, area di mana kamu akan merasakan emosi pada ingatan tertentu.

Dari sinilah otakmu merespon sebuah aroma secara berbeda dari orang lain. Kamu mungkin punya memori tertentu tentang bau tersebut. Seperti misalnya saya, saya suka mencium bau teh karena aroma ini mengingatkan saya akan rumah. Aneh mungkin, tapi itulah yang saya rasakan, dan karena itu juga saya merasa sangat nyaman ketika mencium aroma teh hangat.

Hal ini didukung dengan pernyataan Geza Schoen yang menyatakan bahwa bau tertentu ternyata juga bisa memberimu kesan familiar terhadap sesuatu, dan perasaan familiar ini memberimu rasa aman dan kenyamanan. Karena kamu merasa kenal, kamu jadi merasa akrab dengan aroma tersebut.

Begitu pula aroma parfum pasangan atau aroma hujan, pasti akan mengingatkanmu akan kenangan dan perasaan tertentu. Dan mencium bau itu lagi dan lagi membuatmu kembali ke masa ingatan tersebut. Jadi tak ada yang salah dengan menyukai wangi tertentu. Kamu pasti punya alasan mengapa kamu menyukai bau tersebut, dan tak semua orang harus tahu alasannya.

Itulah mengapa setiap orang mungkin punya aroma favorit yang bahkan ia sendiri sulit menjelaskan alasannya. Otak manusia memang rumit, dan terkadang sulit dijelaskan. Seperti halnya ketika kamu mendengarkan musik tertentu, wangi tersebut bisa membuatmu bernostalgia, mengingatkanmu lagi pada suatu hal, pengalaman dalam hidup.

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *