8 Cara Merawat Celana Jeans Kesayanganmu

Apa celana favoritmu? Celana manakah yang digunakan kalian untuk beraktivitas sehari-hari? Mungkin tidak semua orang suka menggunakan celana jeans, tapi mungkin sebagian besar orang adalah pengguna celana jeans. Model dari celana jeans juga semakin unik seiring dengan perkembangan zaman.

Bahan celana jeans juga cenderung lebih awet dan tidak mudah robek dibanding bahan pakaian lain. Meskipun demikian, nggak berarti celana jeans nggak akan menemui ‘masa pensiunnya’. Jika celana jeans kamu sudah tua, akan ditandai dengan warnanya yang semakin memudar dan bahan yang semakin menipis.

Lalu bagaimana caranya agar celana jeans kesayanganmu bisa bertahan lama? Langsung saja kita intip tips-tipsnya berikut!

  1. Hindari mencuci celana jeans yang masih baru

Tak seperti jenis pakaian lainnya yang harus dicuci terlebih dahulu sebelum dipakai, celana jeans mendapat perlakuan sebaliknya. Jadi, kamu jangan pmencuci celana jeans barumu kecuali jika celana tersebut terkena noda atau kotor yang jelas.

Mencuci celana jeans yang baru hanya akan membuat warna celana menjadi luntur. Alhasil, celana jeans-mu bisa menjadi usang dalam waktu yang cepat. Tommy Hilfiger bahkan pernah mengatakan bahwa sah-sah saja jika kamu nggak mencuci celana jeans-mu selama berbulan-bulan.

  1. Cuci celana jeans dengan tangan tanpa bantuan mesin cuci

Di zaman yang serba cepat sekarang, mencuci menggunakan mesin cuci sering dijadikan pilihan. Selain cepat, mencuci dengan mesin cuci juga prakts. Namun jika kamu ingin celana jeans kamu awet, maka sempatkanlah beberapa menit untuk mencucinya dengan tangan.

Namun kamu juga harus berhati-hati saat melakukannya. Pastikan kamu mencucinya secara terpisah dengan pakaian lain agar warna dari celana jeans-mu tidak melunturi pakaian tersebut.

Gunakan air dengan suhu normal saat mencuci dan pastikan detergen yang kamu gunakan terbebas dari kandungan flourescent. Karena kandungan ini dapat membuat warna asli jeans kamu memudar dengan cepat.

Selain itu, jangan terlalu bersemangat saat menyikat atau menggosok jeans kamu saat mencuci. Jika kamu tak ingin material celana jeans kau cepat tipis dan mudah robek. Oh ya, jangan terlalu lama merendamnya di air ya!

  1. Rendam dalam larutan cuka atau garam untuk warna yang lebih tajam

Merendam celana jeans dengan detergen dianggap sebagai cara yang tepat untuk membersihkan celana dari noda-noda membandel. Hal ini membuat warna jeans tetap cemerlang.

Namun anggapan tersebut rupanya salah, penggunaan detergen saat merendam, rupanya hanya akan membuat celana jeans-mu kehilangan warna aslinya. Sebagai penggantinya, kamu bisa menggunakan larutan air dan cuka atau garam saat merendam celana jeans.

Kamu hanya perlu merendamnya selama 30 menit hingga satu jam sebelum membilasnya dengan air bersih. Selanjutnya, kamu perlu:

  1. Jemur celana jeans-mu di pagi hari

Setelah celana jeans kesayangnmu bersih dicuci, tahap berikutnya adalah pengeringan. Banyak orang menganggap sinar matahari yang terik cocok untuk mengeringkan material jeans yang tebal dan berat.

Namun, hindari kebiasaan tersebut jika kamu nggak ingin celana jeans-mu usang sebelum waktunya. Waktu terbaik untuk mengerikan jeans setelah mencucinya adalah pada waktu pagi hari. Karena, sinar UV pagi hari nggak terlalu terik dan hangat.

Alternatif lain, Kamu juga bisa mengeringkannya hanya dengan mengangin-anginkannya saja di dalam ruangan. Jangan lupa untuk membalikkan celana jeans-mu dan lakukan proses menjemu sekali lagi.

  1. Setrika celana jeans dalam keadaan terbalik

 

Poin yang satu ini bisa saja kamu lewatkan. Namun jika celana jeans-mu tampak terlalu kusut, kamu bisa menyetrikanya sesekali.

Sebelum menyetrika, pastikan celana jeans-mu sudah benar-benar kering. Jika kamu memaksa untuk menyertikanya dalam keadaan lembab, maka celana jeans-mu akan mudah berjamur, kusut, dan mengeluarkan bau yang nggak sedap banget. Lambat laun, rusak deh!

Sama halnya seperti pada saat menjemur celana jeans, kamu juga harus menyetrika celana dalam keadaan terbalik. Pastikan juga suhu pada saat menyetrika jeans tidak terlalu panas karena akan menyebabkan terjadinya staining atau bercak-bercak putih pada celana.

  1. Hindari melipat celana jeans saat menyimpannya

Hindari melipat celana jeans-mu saat disimpan. Hal ini dikarenakan material denim pada celana jeans sangat tebal, sehingga akan cepat lembab ketika disimpan secara terlipat.

Cara terbaik menyimpan celana jeans setelah dicuci atau setelah dipakai adalah dengan menggantungnya. Gunakan penggantung pakaian agar bentuk celana jeans aslinya terjaga dan terhindar dari bekas lipatan.

  1. Hindari penggunaan pengharum pakaian

Selain menyimpannya dengan cara digantung, pastikan lemari pakaianmu terbebas dari pengharum pakaian saat menyimpan celana jeans di dalamnya.

Hal ini akan membuat bahan jeans terkontaminasi pewangi dan membuatnya berbau. Sebagai penggantinya, lebih baik kamu menaruh silica gel atau kapur barus di dalam lemari tempat kamu menyimpan jeans kesayanganmu.

  1. Simpan di kulkas untuk membunuh bakteri

Tips yang satu ini pasti terdengar aneh di telingamu. Namun siapa sangka mendinginkan celana jeans ke dalam lemari es (pada bagian freezer) dapat membuat celana jeans kamu awet, anti-robek, dan lambat melar.

Teknik ini mampu membunuh bakteri-bakteri yang hinggap pada material jeans. Suhu dingin pada lemari es dapat dengan nggak memungkinkan bakteri hidup lama. Nggak ada bakteri, nggak ada bau aneh, deh!

Agar celana jeans-mu tidak bersinggungan dengan makanan di dalam kulkas, bungkuslah dengan tas berbahan kain. Jangan yang berbahan plastik, agar suhu dingin dapat langsung diserap celana jeans dan sirkulasi terjaga.

Dari beberapa tips di atas, adakah yang pernah kamu lakukan untuk merawat celana jeans kesayanganmu? Apakah kamu punya tips lain yang bisa kamu bagikan bersama temen-temen lain di sini?

Terima kasih sudah mengunjungi website kami, Semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

JAVAS AROMA CHEM – Bahan Kimia Laundry Murah | Pewangi Laundry Murah Kami menyediakan berbagai pewangi laundry dan juga bahan kimia untuk laundry. Kami juga menyediakan macam-macam fixative. Lakukan pemesanan dengan menghubungi kami di Telp/WA : 0813 2934 5664 | Email : aromaparfumlilabo@gmail.com

Tag: , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *